Riset Pasar Part 1
Halo sahabat,
sekarang kita akan membahas Riset Pemasaran untuk memulai suatu usaha.
Teman-teman perlu tahu apa aja yang kita lakukan sebelum memulai suatu usaha?
Tentu kita perlu melakukan riset pemasaran. Apa itu riset pemasaran? Untuk apa
dilakukan riset?
Riset
pemasaran ialah suatu kegiatan yang sistematik dan mempunyai tujuan dalam hal
identifikasi masalah, peluang, pengumpulan data, pengolahan dan penganalisaan
data, penyebaran informasi yang bermanfaat untuk membantu manajemen dalam hal
untuk pengambilan keputusan identifikasi dan solusi yang efektif-efisien di
bidang pemasaran perusahaan (Sunarta, 2007). Hasil dari riset pasar akan
menghubungkan pemasar dengan konsumen dengan cara menyediakan informasi penting
yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah terkait pemasaran serta
membantu dalam pengambilan keputusan pemasaran. Riset pasar dapat membantu
perusahaan untuk menciptakan serta mengembangkan produk sesuai dengan kebutuhan
konsumen dan juga dapat dipakai untuk perumusan strategi dalam merebut peluang
pasar.
Riset
pemasaran dibagi dalam dua kategori yaitu Problem
Identification Research (riset identifikasi masalah) dan Problem Solving Research (riset
mengatasi masalah). Problem
Identification Research mencakup market
potential research, market share research, image research, forecasting
research, business trend research. Sedangkan Problem Solving Research mencakup segmentation research, product research, pricing research, promotion
research, distribution research. Menurut Abidin (2018) riset pemasaran
memiliki peran yaitu:
·
Mendefinisikan masalah
·
Analisis sebab akibat
·
Identifikasi solusi yang memungkinkan
·
Memilih solusi terbaik
·
Menyusun rencana tindakan
· Mengimplementasi dan mengevaluasi
Sumber:
Abidin, Zainal. 2018. Riset Pemasaran. Agribisnis Perikanan: Universitas Brawijaya
Sunarta. 2007. Riset Pemasaran. Manajemen Fise: UNY.
Komentar
Posting Komentar