Riset Pasar Part 1

 

Halo sahabat, sekarang kita akan membahas Riset Pemasaran untuk memulai suatu usaha. Teman-teman perlu tahu apa aja yang kita lakukan sebelum memulai suatu usaha? Tentu kita perlu melakukan riset pemasaran. Apa itu riset pemasaran? Untuk apa dilakukan riset?

Riset pemasaran ialah suatu kegiatan yang sistematik dan mempunyai tujuan dalam hal identifikasi masalah, peluang, pengumpulan data, pengolahan dan penganalisaan data, penyebaran informasi yang bermanfaat untuk membantu manajemen dalam hal untuk pengambilan keputusan identifikasi dan solusi yang efektif-efisien di bidang pemasaran perusahaan (Sunarta, 2007). Hasil dari riset pasar akan menghubungkan pemasar dengan konsumen dengan cara menyediakan informasi penting yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah terkait pemasaran serta membantu dalam pengambilan keputusan pemasaran. Riset pasar dapat membantu perusahaan untuk menciptakan serta mengembangkan produk sesuai dengan kebutuhan konsumen dan juga dapat dipakai untuk perumusan strategi dalam merebut peluang pasar.

                Riset pemasaran dibagi dalam dua kategori yaitu Problem Identification Research (riset identifikasi masalah) dan Problem Solving Research (riset mengatasi masalah). Problem Identification Research mencakup market potential research, market share research, image research, forecasting research, business trend research. Sedangkan Problem Solving Research mencakup segmentation research, product research, pricing research, promotion research, distribution research. Menurut Abidin (2018) riset pemasaran memiliki peran yaitu:

·         Mendefinisikan masalah

·         Analisis sebab akibat

·         Identifikasi solusi yang memungkinkan

·         Memilih solusi terbaik

·         Menyusun rencana tindakan

·         Mengimplementasi dan mengevaluasi

    Sumber:

    Abidin, Zainal. 2018. Riset Pemasaran. Agribisnis Perikanan: Universitas Brawijaya

    Sunarta. 2007. Riset Pemasaran. Manajemen Fise: UNY.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Metode Hidroponik Sistem Pasang Surut dan Sistem Aeroponik

STP (Segmentation, Targetting, Positioning)

Kriteria dan Umur Panen pada Tanaman Hidroponik