Riset Pasar Part 2
Halo Sobat HOST, di akhir pekan yang indah ini kita akan lanjutkan bahasan kita mengenai riset pemasaran untuk menambah wawasan kita. Hari ini kita akan bahas etika riset pemasaran, metode riset, dan tahapan riset. Tanpa berlama-lama kuy kita simak langsung.
Etika riset pemasaran
Etika penelitian merupakan suatu sudut pandang yang dapat
memberikan penilaian mengenaai baik buruknya perilaku yang diterapkan
dimasyarakat atau oknum-oknum tertentu menurut Abidin (2018), terdapat beberapa
macam etika periset yaitu
- 1. Etika periset pada responden
Yaitu suatu etika yang tidak merugikan
responden yang mengetahui tujuan dan manfaat riset, serta responden memiliki
hak atak kebebasan pribadi
- 2. Etika periset pada klien
Yaitu dengan menghargai klien atas
kerahasiaan identitasnya dan atas hasil studi yang berkualitas
- 3. Etika periset pada asisten
Yaitu dengan memberikan yang aman pada
asisten, periset berhak mendapatkan pelatihan dan supervise, dan periset berhak
menuntuk perilaku yang etis pada asisten
- 4. Etika klien periset
Yaitu periset berhak menolak keinginan klien
yang merubah hasil riset demi keuntungannya
Dalam kegiatan riset pasar menurut Abidin (2018), terdapat metode yang umumnya dipakai yaitu:
Metode Studi Kasus: suatu kajian yang mendalam, menyeluruh, atas obyek tertentu (biasanya relatif kecil) selama kurun waktu tertentu.
Metode Survai: diadakan untuk memperoleh fakta tentang gejala-gejala atas permasalahan yang timbul.
Metode Pengembangan: untuk memperoleh informasi tentang pengembangan suatu obyek tertentu dalam kurun waktu tertentu ada 2 macamàLongitudinal (kontinu) dan Cross-sectional (waktu tertentu)
Metode Tindak lanjut (Follow-up Study): dilakukan utnuk mengetahui perkembangan suatu subyek setelah diberi perlakuan tertentu
Metode Analisis Isi (Content Analysis): dilakukan untuk menganalisis isi suatu dokumen
Metode Kecenderungan: untuk melihat suatu kondisi tertentu yang akan datang dengan menggunakan proyeksi atau ramalan (forecasting)
Metode Korelasional (Correlational Study): menentukan tingkat hubungan variabel-variabel yang berbeda dalam suatu populasi
Metode Eksperimen: riset yng memerlukan suatu langkah khusus dalam mempersiapkan data agar mengarah pada penelitian yang lebih obyektif dengan tiga prinsip kerja yaitu; replikasi, randomisasi, dan kontrol lokal.
Adapun tahapan dalam melaksanakan riset pemasaran menurut Abidin (2018), yaitu:
Mendefinisikan masalah yaitu berupa diskusi dalam pembuatan keputusan
Mengembangkan rencana riset yaitu menyiapkan kerangka kerja dan hipotesis
Mendesain formulasi riset yaitu menganalisis riset kualitatif dan merandang riset dengan metode kuantitatif
Menumpulkan data
Menyiapkan data dan analisisnya (editing, coding, penyimpanan, dan verifikasi data, serta pengolahan dan analisis data)
Menyiapkan laporan dan presentasinya
Daftar Pustaka
Abidin, Zainal. 2018. Riset Pemasaran. Agribisnis Perikanan: Universitas Brawijaya
Komentar
Posting Komentar