STP (Segmentation, Targetting, Positioning)

 

Memasarkan hasil budidaya hidroponik tentunya harus memperhatikan segmentasi, targeting, dan positioning agar mengetahui kondisi permintaan dan pasar sehingga dapat mengetahui peluang bisnis berbudaya hidroponik. Berikut ini materi untuk menjadikan gambaran untuk peluang bisnis

STP (Segmentasi, Targeting dan Positioning)

Segmentasi pasar adalah upaya yang dilakukan untuk mengelompokkan individu-individu yang awalnya heterogen menjadi homogen. Proses segmentasi biasanya menghasilkan beberapa kelompok yang masing-masing memiliki karakteristik yang sejenis. 

Tujuan Segmentasi Pasar

Ada pun tujuan segmentasi pasar:

1.      Pasar Lebih Mudah Dibedakan

2.      Pelayanan Lebih Baik

3.      Strategi Pemasaran Lebih Terarah

4.      Menemukan Peluang Baru

5.      Faktor Penentu Desain

6.      Strategi Komunikasi Lebih Efektif

7.      Melihat Kompetitor dengan Segmen yang Sama

8.      Evaluasi Target dan Rencana Bisnis

    Segmentasi Pasar Membagi sebuah pasar ke dalam kelompok-kelompok pembeli yang khas berdasarkan kebutuhan, karakteristik atau perilaku yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang terpisah.

Cara menentukan segmentasi pasar:

1.      Mengenali basis yang digunakan untuk mensegmentasi pasar.

2.      Menyusun Profil-profil segmen

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Metode Hidroponik Sistem Pasang Surut dan Sistem Aeroponik

Mengenal Media Tanam Hidroponik