STP (Segmentation, Targetting, Positioning)
Memasarkan hasil
budidaya hidroponik tentunya harus memperhatikan segmentasi, targeting, dan
positioning agar mengetahui kondisi permintaan dan pasar sehingga dapat
mengetahui peluang bisnis berbudaya hidroponik. Berikut ini materi untuk
menjadikan gambaran untuk peluang bisnis
STP (Segmentasi,
Targeting dan Positioning)
Segmentasi pasar
adalah upaya yang dilakukan untuk mengelompokkan individu-individu yang awalnya
heterogen menjadi homogen. Proses segmentasi biasanya menghasilkan beberapa
kelompok yang masing-masing memiliki karakteristik yang sejenis.
Tujuan
Segmentasi Pasar
Ada pun tujuan segmentasi pasar:
1. Pasar Lebih Mudah Dibedakan
2. Pelayanan Lebih Baik
3. Strategi Pemasaran Lebih Terarah
4. Menemukan Peluang Baru
5. Faktor Penentu Desain
6. Strategi Komunikasi Lebih Efektif
7. Melihat Kompetitor dengan Segmen yang Sama
8. Evaluasi Target dan Rencana Bisnis
Segmentasi Pasar Membagi sebuah
pasar ke dalam kelompok-kelompok pembeli yang khas berdasarkan kebutuhan,
karakteristik atau perilaku yang mungkin membutuhkan produk atau bauran
pemasaran yang terpisah.
Cara menentukan
segmentasi pasar:
1. Mengenali
basis yang digunakan untuk mensegmentasi pasar.
2. Menyusun
Profil-profil segmen
Komentar
Posting Komentar