STP (Segmenting, Targeting, Positioning) Part 2

 

Halo Sobat HOST. Hari ini kita akan melanjutkan bahasan mengenai STP setelah kita tahu apa itu segmenting, kita juga harus tahu apa itu targeting dan positioning. Kuy langsung kita simak!

TARGETING

    Targeting merupakan kegiatan yang dilakukan dengan menilai serta memilih satu atau lebih segmen pasar yang akan dituju oleh perusahaan. Produk dari targeting adalah target market  yaitu satu atau beberapa segmen pasar yang akan menjadi fokus kegiatan-kegiatan pemasaran (Kasali, 2011).

Tujuan dari targeting adalah untuk menyeleksi sasaran pasar yang sesuai dengan kriteria-kriteria tertentu dan menjangkau sasaran pasar untuk menilai atau memberikan respon mengenai produk (Kasali, 2011). Faktor yang perlu diperhatikan sebelum menentukan target pasar, menurut Rismiati dan Suratno (2001):

1    Besarnya/ ukuran segmen yang akan dituju merupakan faktor penting untuk memutuskan apakah segmen pasar tersebut cukup berharga untuk ditindak lanjuti. Biasanya perusahaan yang besar akan memilih segmen dengan volume penjualan besar dan menghindari segmen kecil dan sebaliknya agar tidak terjadi kerugian dan ketidakberlanjutan jalannya perusahaan

2.      Biaya yang harus dikeluarkan untuk mencapai segmen tersebut. Apabila segmen yang tidak cocok dengan kegiatan pemasaran perusahaan seharusnya tidak dilanjutkan. Target yang dituju harus sesuai dengan tujuan dan sumber / kemampuan yang dimiliki perusahaan

4.      Posisi persaingan. Suatu segmen mungkin mempunyai ukuran dan pertumbuhan yang baik tetapi mempunyai potensi lemah dalam hal laba. Lebih sedikit persaingan maka lebih aktratif segmen tersebut untuk dimasuki

 

POSITIONING

    Positioning merupakan kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk merancang produk dan bauran pemasaran agar tercipta kesan tertentu yang diingat oleh konsumen (Lubis, 2004). Positioning mencakup kegiatan merumuskan penempatan produk  dan citra perusahaan dalam persaingan untuk menduduki tempat khusus di benak target pasar yang dituju.

Terdapat 7 pendekatan yang dapat digunakan untuk melakukan positiong, menurut (Tjiptono, 2011) :

1.    -  Attribute positioning yaitu perusahaan memposisikan produk dengan mengunggulkan atribut produk seperti ukuran, logo, bentuk kemasan.

2.      - Price and quality positioning, yaitu positioning yang berusaha menciptakan kesan / citra berkualitas tinggi lewat harga tinggi atau sebaliknya menekankan harga murah sebagai indikator nilai.

3.      - Use application positioning yaitu seperangkat nilai –nilai penggunaan yang digunakan sebagai unsur yang ditonjolkan dibandingkan pesaingnya.

4.      - User positioning yaitu memposisikan produk sebagai produk terbaik untuk sejumlah kelompok pemakai.

5.      - Product class positioning, yaitu produk diposisikan sebagai unggulan utama dalam suatu kategori produk. Misalnya permen kopiko yang diposisikan sebagai kopi dalam bentuk permen, bukan permen rasa kopi.

6.     -  Competitor positioning yaitu dikaitkan dengan posisi persaingan terhadap pesaing utama.

7.     -  Benefit positioning yaitu menghubungkan merk dengan salah satu karakteristik atau fitur produk yang diharapkan bisa dirasakan sebagai keunggulan yang diinginkan oleh konsumen

SUMBER :

Kasali, R. 2011. Membidik Pasar Indonesia Segmenting, Targeting dan Positioning. Gramedia, Jakarta

Rismiati dan Ig. Bondan Suratno, 2001. Pemasaran Barang dan Jasa, Kanisius, Yogyakarta

Tjiptono, F. 2011. Strategi Pemasaran. Andi, Yogyakarta

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Metode Hidroponik Sistem Pasang Surut dan Sistem Aeroponik

STP (Segmentation, Targetting, Positioning)

Mengenal Media Tanam Hidroponik