STP (Segmenting, Targeting, Positioning) Part 2
Halo Sobat HOST. Hari
ini kita akan melanjutkan bahasan mengenai STP setelah kita tahu apa itu
segmenting, kita juga harus tahu apa itu targeting dan positioning. Kuy
langsung kita simak!
TARGETING
Targeting
merupakan kegiatan yang dilakukan dengan menilai serta memilih satu atau lebih
segmen pasar yang akan dituju oleh perusahaan. Produk dari targeting adalah
target market yaitu satu atau beberapa
segmen pasar yang akan menjadi fokus kegiatan-kegiatan pemasaran (Kasali,
2011).
Tujuan dari targeting adalah untuk menyeleksi sasaran pasar yang sesuai dengan kriteria-kriteria tertentu dan menjangkau sasaran pasar untuk menilai atau memberikan respon mengenai produk (Kasali, 2011). Faktor yang perlu diperhatikan sebelum menentukan target pasar, menurut Rismiati dan Suratno (2001):
1 Besarnya/ ukuran segmen yang akan dituju
merupakan faktor penting untuk memutuskan apakah segmen pasar tersebut cukup
berharga untuk ditindak lanjuti. Biasanya perusahaan yang besar akan memilih
segmen dengan volume penjualan besar dan menghindari segmen kecil dan
sebaliknya agar tidak terjadi kerugian dan ketidakberlanjutan jalannya
perusahaan
2. Biaya yang harus dikeluarkan untuk mencapai segmen tersebut. Apabila segmen yang tidak cocok dengan kegiatan pemasaran perusahaan seharusnya tidak dilanjutkan. Target yang dituju harus sesuai dengan tujuan dan sumber / kemampuan yang dimiliki perusahaan
4. Posisi persaingan. Suatu segmen mungkin
mempunyai ukuran dan pertumbuhan yang baik tetapi mempunyai potensi lemah dalam
hal laba. Lebih sedikit persaingan maka lebih aktratif segmen tersebut untuk
dimasuki
POSITIONING
Positioning
merupakan kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk merancang produk dan bauran
pemasaran agar tercipta kesan tertentu yang diingat oleh konsumen (Lubis,
2004). Positioning mencakup kegiatan merumuskan penempatan produk dan citra perusahaan dalam persaingan untuk
menduduki tempat khusus di benak target pasar yang dituju.
Terdapat 7
pendekatan yang dapat digunakan untuk melakukan positiong, menurut (Tjiptono,
2011) :
1. - Attribute positioning yaitu perusahaan
memposisikan produk dengan mengunggulkan atribut produk seperti ukuran, logo,
bentuk kemasan.
2. - Price and quality positioning, yaitu
positioning yang berusaha menciptakan kesan / citra berkualitas tinggi lewat
harga tinggi atau sebaliknya menekankan harga murah sebagai indikator nilai.
3. - Use application positioning yaitu seperangkat
nilai –nilai penggunaan yang digunakan sebagai unsur yang ditonjolkan
dibandingkan pesaingnya.
4. - User positioning yaitu memposisikan produk sebagai
produk terbaik untuk sejumlah kelompok pemakai.
5. - Product class positioning, yaitu produk
diposisikan sebagai unggulan utama dalam suatu kategori produk. Misalnya permen
kopiko yang diposisikan sebagai kopi dalam bentuk permen, bukan permen rasa
kopi.
6. - Competitor positioning yaitu dikaitkan dengan
posisi persaingan terhadap pesaing utama.
7. - Benefit positioning yaitu menghubungkan merk
dengan salah satu karakteristik atau fitur produk yang diharapkan bisa
dirasakan sebagai keunggulan yang diinginkan oleh konsumen
SUMBER :
Kasali, R. 2011. Membidik Pasar
Indonesia Segmenting, Targeting dan Positioning. Gramedia, Jakarta
Rismiati dan Ig. Bondan Suratno, 2001.
Pemasaran Barang dan Jasa, Kanisius, Yogyakarta
Tjiptono, F. 2011. Strategi Pemasaran.
Andi, Yogyakarta
Komentar
Posting Komentar